Selasa, 27 Juni 2017

(RESEP) Membuat Kue Kering Sagu Keju

Setelah sekian lama, akhirnya ngeblog lagi. Say, Alhamdulillah hehehe. Kali ini gue akan menshare sebuah resep. Namun, sebelum menuliskan resep tersebut, gue mau curhat dikit.

Jadi sebelum gue bikin kue ini, gue sempat nyoba bikin martabak mini, dan itu sudah sesuai dengan resep yang ada di Googke, but itu GAGAL. Bentuknya gak karuan, lengket di wajan, tapi rasanya tetep enaaak hahahaha. Tidak sampai di situ, gue pun never give up #eaaaa dan mencoba untuk bikin kue lagi, yakni kue bolu. 

Ibu gue sering membuat kue bolu, jadi gue suka merhatiin cara membuatnya. Setelah tahu, gue bikin deh itu bolu. Tapi, lagi - lagi gagal. Walaupun enak rasanya itu bolu buatan gue, selalu aja bentuknya bantet:( entah kenapa bisa begitu hiksss. 

Nah, pas mau lebaran ini, iseng aja buka-buka resep di Google tentang cara membuat kue kering. Apalagi favorit kue gue saat lebaran putri salju dan sagu keju. Ya sudah, gue temenin Ibu belanja bulanan sekalian minta modalin buat beli bahan-bahan kue sagu keju hehehehe *maklum masih mahasiswa belum ada modal bikin kue, apalagi modal buat nikah:( Selagi gue bikin kue sagu keju waktu itu, gue sambil berdoa "Ya Allah gapapa gagal bikin kue bolu, tapi jangan gagal bikin kue ini," kata gue dengan menatap oven di depan mata.

Oke sekian curahatan gue yang dikit itu,  resep di bawah ini gue lihat di Google, tapi kalau di Google itu buat ukuran yang banyak, sedangkan gue bikinnya sedikit, jadi ini rangkuman resep yang gue buat!


Bahan:

  • 300g tepung sagu
  • 50g mentega (Butter) (karena nyari mentega susah, gue pakai Blue Band Cookie and Cookies)
  • 100g margarine (Blue Band)
  • 150g gula halus (setengah gelas sedang)
  • 2 kuning telur ayam
  • 2 lembar daun pandan
  • 100g keju parut (Cheedar)
  • 60ml santan 

Cara membuat:
  1. Sangrai tepung sagu dan daun pandan di atas api yang sangat kecil. Aduk rata, hingga daun pandan rada mengering. Sisihkan sejenak.
  2. Siapkan satu wadah untuk adonan.
  3. Masukkan margarine, mentega, dan gula halus. Aduk rata dengan mixer hingga warnanya memucat.
  4. Kemudian masukkan telur, aduk rata hingga warnanya memucat.
  5. Lalu, tambahkan keju parut ke dalam adonan yang sudah dikocok, mixer lagi hingga merata.
  6. Tambahkan tepung sagu yang sudah disangrai ke dalam adonan dan aduk lagi.
  7. Masukkan santan ke dalam campuran adonan, aduk hingga rata.
  8. Selanjutnya, masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang sudah diisi dengan cetakan kue.
  9. Cetak adonan di atas loyang yang sudah dioleskan margarine, agar tidak lengket.
  10. Panaskan oven mencapai suhu kurang lebih 160 derajat.
  11. Panggang dalam oven selama 20 menit, lalu didinginkan.
  12. Setelah itu, masukkan dan susun kue sagu ke dalam toples.
  13. Kue sagu keju siap untuk disantap.



Kuenya ditaruh di piring cause waktu selesai bikin lupa difoto.

dan ini sisa kue yang masih ada di toples:')



0 komentar:

Posting Komentar