Rabu, 31 Oktober 2018

INTIP MT. KENCANA

Sebenarnya kalau gue posting saat-saat ini sih telat ya. Secara ini kejadian waktu di bulan Mei kemarin. Setelah gue pikir-pikir, gapapa telat yang panting gue mau berbagi pengalaman aja. Dan blog ini jadi diary gue di masa mendatang nanti.

Awalnya dari gue dan temen gue, Inda Wulandari, yang pengen banget ngerasain nanjak dong. Dia akhirnya ada temen yang juga emang ada rencana ke Gunung Kencana. Ke sana kita memerlukan dua hari karena emang pengen banget ngeliat sunrisenya. Kita putuskan berangkat hari Sabtu, 12 Mei 2018. Oh iyaa, ga hanya gue dan Inda aja yang ke sana. Tapi Inda ngajak temennya, yang brasa dipanggil Bang Dobet. Nah, bang Dobet ini ngajak kelima temennya; Bang Hari, Bang Buluk, Bang Doyok, dan Bang Utay. Gue lupa nama aslinya, ngikutin aja cari manggilnya mereka hahaha.

Kenapa milih hari Sabtu? Karena kita semua para buruh hahaha. Kita berangkat sekitar pukul 13.30 karena mereka nungguin gue balik kerja. Aduh jadi terharu. Sebelum berangkat tentunya gue udah dapet izin dari media orang tua gue. Izin ke bokap tumben gampang banget langsung oke kalau anak gadisnya mau naik gunung. Nah, izin ke nyokap ini perlu dirayu dulu yang lama baru dibolehin deh, secara kalau main sebelum maghrib belum pulang udah ditelponin mulu hahaha.

Sekiranya perlengkapan sudah siap seperti pakaian hangat, alat solat, obat-obatan, makanan, senter, matras, sleeping bag, tenda, kompor, dan kamera.  Gue yang paling banyak bawa barangnya, sampe temen gue bilang, "Dep, kita mau ke gunung bukan mau ke hotel."  Semua barang-barang gue udah dititipin ke rumah Inda sebelum hari H. Seusai pulang kerja gue langsung ke rumah dia, dan numpang  makan siang dulu hahaha laper boskuh.

Oke ternyata udah pada kumpul semua tinggal nungguin gue doang, langsung deh kita berangkat. Di pertengahan jalan kita semua laper lagi dan beli nasi padang dulu, padahal gue tadi udah makan hahaha orangnya laperan.

Saat pintu pertama kita ditarikin uang yang berapanya gue lupa karena udah ada yang nalangin dulu hahaha menyusul ya nutuk harganya nanti diupdate. Nah selanjutnya untuk mau ke posko selanjutnya cukup jauh. Jalanannya bebatuan, naik dan turun, tapi kita semua dihadapkan dengan perkebunan teh yang terbentang. Si merah a.k.a motor gue sampai panas gara-gara jalanan ini. Akhirnya kita istirahat sebentar biar Merah gue rada dingin. Sekiranya udah mendingan kita lanjut lagi dan sampai juga di posko untuk penitipan motor.

Di penitipan motor ini kalian bisa beli minuman dan makanan ringan. Kalian juga bisa pesan indomie sekiranya perut kalian perlu diisi hahaha. Karena waktu hampir maghrib jadi kita solat dulu sebelum nanjak. Sayangnya di sini, listrik masih kurang, walaupun rumah warga lumayan banyak. Musholanya sepi dan gelap hehe.

Setelah waktu maghrib usai, kita lanjut perjalanan kita. Ternyata, DSLR yang dibawa Inda baterainya lupa dicass. Jangan dicontoh ya, kamera juga perlu dicek perlengkapannya seperti kartu memori dan baterainya. Kenapa gue ga bawa kamera? karena barang bawaan gue udah banyak banget hahaaha.
Tapi masih ada action cam yang dia bawa jadi ga rugi-rugi banget lah yaa.

Masih ada posko lagi ternyata dan kita ditarikin uang sekitar 20rban. Di tempat itu kita juga numpang charge kamera selama beberapa menit saja. Sekiranya cukup, kita lanjut perjalanannya lagi. Nah, awal sebelum nanjak kita sudah disambut dengan "Tanjakan Sambalado". Persis dengan namanya tanjakan ini terdiri dari bêbera-a anak tanga yang benar-benar pedas, terjal, dan kejam hahaha.

Sebentar-bentar kita istirahat. Minum pun harus diirit buat di puncaknya nanti hahaha. Mungkin orang yang udah sering Hiking Gunung Kencana seperti Bukit. Tapi, kalau kata gue ini mah udah bikin kaki gue gemetaran staking capeknya hahaha.

Apalagi ini gue nanjaknya malam-malam, rada takut gimana gitu, modal niat dan doa aja deh. Pokoknya hati-hati jaga bicaranya kalau lagi naik gunung. Terlebih gue kalau ngomong kadang suka ga disaring hahaha.

Sekitar kurang lebih 1 jam kita melewati tanjakan sambalado. Nampak terdengar suara-suara samar menandakan bentar lagi sampai puncak. Ini sih gue seneng banget bisa ngelewatin jalanan pedes itu hahaha.

Setelah sampai dipuncak ada rasa bahagia gimana gitu hahaha. Kita semua langsung cari tempat yang pas untuk mendirikan tenda. Dan kita menemukan tempat yang pas dekat dengan "WC UMUM" hahahaha.

Para cowoknya mendirikan tenda, gue sama Inda nyiapin buat makan malam. Kita berdua ini emang ngeribetin, bukannya bawa P*p Mie, tapi gaya banget mau masak sayur sop dong:( kalau dinged lagi suka pengen ketawa hahaha.

Dan bener aja, masak nasi aja kita ga bisa mateng-mateng masih rada mentah, udah kayak ngasih makan ayam:( Tapi ya namanya laper anak cowoknya pada makan aja, termasuk gue ahahah.

View madam harinya Masha Allah bagus banget. Kilauan cahaya Lampu rumah warga terlihat jelas di Puncak Kencana dari ketinggian 1.802 mdpl. Setelah itu kita solat Isya, nah ini gue sama Inda bingung nentuin arah kiblat:(

Mungkin karena weekend, lumayan banyak yang camping. Suara gitar dan nyanyian bertebaran di mana-mana. Sekitar jam 12 malam, mata gue udah ga kuat dan balık ke tenda buat tidur.

Sumpah jam 12 ke sana dingin paraaaah. Padahal gue udah pakai sweater, jaket, sarung tangan. Dan akhirnya gue tambah mukena buat tambahan baju gue hahaha. Tetap saja, gak bisa tidur sama sekali padahal mata udah merem plus ngantuk berat karena cuaca yang masih aja dingiiiiiin banget musik sampai ke tulang. Ini serius.

Hingga waktu subuh pun gue gak tidur cuman merem doang, padahal ngantuk banget. Baru kali ini gue ga tidur sama sekali. Hehe kalian mangan tanya bagaimana kita semua buang airnya, nanti juga tau sendiri hahaaha.

Pas selesai solat subuh, Bang Dobet baru kasih tau kalau selama ini kita solat kiblatnya salah. Telat banget itu orang kasih tanya, semoga Allah tau maksud kita:(

Nah memasuki sarapan karena kemaren anak cowoknya pada komplain nasi yang gue masak ama Inda ga bisa matant. Giliran mereka yang masak nasi. Gue sama Inda bikin lauknya, orek tempe dan tumis bakso. Sempet-sempetnya masak begituan. Dan setelah gue coba nasi bikinan anak cowoknya, ternyata sama nasinya mateng ga merata bahkan bagian bawah nasinya gosong hahaha. Tapi tetep kita semua makan kok ya karena laper kali ya hahaha

Setelah sarapan kita foto bertujuh deh. Sebenarnya dari malam sudah foto-foto sih, cuma yang gue share hanya beberapa saja soalnya ada yang ga disimpan di hape. Foto-foto dan info selanjutnya menyusul <3